5 Tempat Wisata di Semarang yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

5 Tempat Wisata di Semarang yang Cocok Untuk Liburan Keluarga
5 Tempat Wisata di Semarang yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

5 Tempat Wisata di Semarang yang Cocok Untuk Liburan Keluarga – Semarang secara geografis dan sosiologis mempunyai daya tarik pariwisata dengan karakter dan keunikan sehingga menjadi satu diantara tujuan wisata nasional.

Ada bermacam tempat rekreasi di Semarang yang menyuguhkan keindahan alam dan buatan untuk menarik pelancong. Untuk transportasi nya ketika liburan di daerah semarang, kamu bisa memakai jasa travel bandung semarang.

Tempat Wisata di Semarang yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

Secara lengkap, berikut tempat rekreasi di Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

1. Kota Lama

Keindahan bangunan kuno warisan masa penjajahan Belanda masih dirawat dan juga dilestarikan di Kota Lama Semarang. Tempat wisata ini berada di Jl. Letjen Suprapto No.31, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa tengah.

Sebagai usaha konservasi, Kota Lama dikategorikan sebagai Teritori Cagar Budaya Rangking Nasional menurut Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 682/P/2020.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan di Kota Lama. Deretan cafe yang menawarkan makanan dan minuman bisa menjadi pilihan untuk melepaskan lelah. Ada pula Gereja Blenduk yang ikonik untuk latar photo yang menarik.

2. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa sebagai tempat wisata di Semarang yang sangat bersejarah. Lokasinya ada di Jl. Stasiun No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa tengah.

Saat sebelum jadi museum bersejarah, tempat ini berperan sebagai stasiun kereta api bernama Stasiun Willem I dan disahkan pada 21 Mei 1878. Karena jalur kereta tidak aktif, stasiun dialih-fungsi sebagai museum pada 9 April 1976.

Di Museum Kereta Api Ambarawa, pengunjung bisa nikmati koleksi lokomotif uap, koleksi benda unik, tur wisata edukasi, koleksi buku, dan spot photo dengan topik vintage. Tiket masuk tempat wisata ini dipasarkan dimulai dari harga Rp5 ribu untuk anak-anak dan Rp10 ribu untuk orang dewasa. Wisatawan dapat berkeliling-keliling memakai kereta api biasa dengan biaya Rp 50 ribu dan kereta api diesel untuk kapasitas 40 orang dimulai dari Rp5 juta.

See also  Kesepakatan Pra-Nikah Siri Saat Sebelum Menggunakan Jasa Nikah Siri Surabaya

3. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park sebagai taman selingan dan taman wisata keluarga paling besar di Jawa tengah yang berada di Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa tengah.

Tempat wisata ini dibuat di tanah selebar 18 hektar disahkan 15 Desember 2018. Ada 25 wahana di Saloka Theme Park yang terdiri ke lima zona, yakni Zona Pesisir, Belantara, Segara Prana, Kamayayi, dan Ararya.

Kecuali sarana yang memikat, Saloka Theme Park sediakan sarana foodcourt dan sarana umum yang lain yang membuat pengunjung nyaman saat liburan kesini.

4. Air Terjun Kali Pancur

Lokasi tempat wisata Air Terjun Kali Pancur ini cukup tersembunyi di lereng Gunung Telomoyo, tepatnya di di Dusun Nogosaren, Kec. Getasan, Semarang. Air terjun Kali Pancur sebagai salah satu air terjun paling tinggi di daerah Jawa tengah dengan tinggi sekitar 100 mtr..

Dari tempat parkir, wisatawan harus menuruni sekitar 900 buah anak tangga lebih dulu untuk datang di titik lokasi air terjun. Rindangnya pohon-pohonan membuat udara terasa sejuk. Sesampai di lokasi, rasa lelah sesudah menyusuri anak tangga serasa terbayar dengan keelokan dan deru air terjun yang berdebur istimewa.

Waktu terbaik untuk berkunjung Air Terjun Kali Pancur ialah pagi hari. Keindahannya pas didokumentasikan sebagai objek photo. Ada juga sarana pelengkap seperti toilet umum yang bersih, masjid yang lengkap dengan sarung untuk laki laki, mukena wanita, dan sajadah, dan tempat parkir.

5. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong berada di Jl. Simongan No. 129 Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Provinsi Jawa tengah. Jarak klenteng dari pusat Kota Simpang Lima Semarang cuma 4,1 km dan bisa dilakukan dalam kurun waktu sekitaran 15 menit.

See also  Kesepakatan Pra-Nikah Siri Saat Sebelum Menggunakan Jasa Nikah Siri Surabaya

Klenteng Sam Poo Kong dibangun pada tanah selebar luas 3,2 hektar dan mempunyai 5 bangunan. Klenteng ini dibangun sebagai penghormatan Laksamana Cheng Ho, yaitu seorang penjelajah Tiongkok yang berkunjung di Semarang dalam perjalanannya menebarkan perdamaian.

Demikian artikel di atas mengenai 5 Tempat Wisata di Semarang yang Cocok Untuk Liburan Keluarga. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca untuk mencari wisata di daerah semarang.