Cara Menambah Memori Internal tanpa Root

Cara Menambah Memori Internal tanpa Root

Cara Menambah Memori Internal tanpa Root – Layaknya komputer atau laptop, bila semakin banyak data atau aplikasi software di dalamnya, akan semakin membuat memori internal sebuah PC semakin berkurang. Demikian juga pada android, semakin banyak aplikasi dan games yang kamu instal di android kamu, akan semakin mengurangi memori internal.
Lalu, kira-kira adakah cara menambah memori internal tanpa root? Ada, jawabannya ada di bawah ini. Terus simak ya.

Cara Menambah Memori Internal tanpa Root

Saat kamu memutuskan untuk membeli HP andriod, ada baiknya kamu memeriksa berapa kapasitas memori internal yang kamu butuhkan. Nah Nonatekno menyarankan sebaiknya kamu memilih kapasitas memori internal sesuai kebutuhan ya, karena semakin besar memroi internal pada android tentu akan berpengaruh pada harganya. Kalau kamu bisa mengakalinya di kemudian hari dengan menambah memori internal tanpa root, kenapa tidak? Berikut 5 tips mudah buat kamu yang mau mencobanya.

1. Manfaatkan aplikasi Google Photos android kamu

Bagi yang suka sekali dengan photografi baik memfoto pemandangan, foto selfie, atau pun wefie, pasti sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi Google Photos memang dikhususkan untuk menyimpan file berupa foto.
Salah satu kelebihan dari aplikasi penyimpan foto ini adalah bisa meng-upload foto dalam format standar tanpa batas. So, kamu tentunya tidak perlu takut lagi akan kehabisan memori internal, cukup simpan foto kamu di aplikasi ini dan kamu terbebas dari masalah kehabisan memori internal tadi. Hore, berhasil!

2. Kamu bisa manfaatkan fitur Adoptable Storage

Rekomendasi kedua yang bisa aku sarankan buat kamu adalah dengan menggunakan fitur Adoptable Storage. Kelebihan fitur ini adalah memungkinkan kamu untuk membuat memori eksternal menjadi memori internal tanpa melakukan root. Cara kerjanya cukup unik yaitu dengan memperluas memori internal di android kamu.
Caranya, backup seluruh data yang tersimpan di memori internal, lalu tentukan seberapa besar partisi yang ingin kamu gunakan.Dalam hal ini kamu bisa menggunakan seluruh kapasitas atau membaginya, sebagian untuk memori internal, sebagian lagi untuk memori eksternal.
Selanjutnya hubungkan android kamu dengan komputer menggunakan kabel USB dengan mode USB debugging, buka Command Window/terminal di komputer kamu, lalu klik perintah “adb shell”. Ketik “sm list-disks” untuk melihat kapasitas memori yang tersedia, jangan lupa ingat ID memori card kamu, semisal: disk:179:160. Kemudian lakukan partisi pada SD card. Proses partisi ini biasanya memakan waktu yang cukup lama. Terakhir, jika kamu ingin memantau kondisi SD card kamu yang telah menyatu dengan memori internal, kamu bisa gunakan aplikasi FreeSpace atau FreeSpace Plus.

See also  4 Camilan Yang Cocok Untuk Di Konsumsi Selama Pandemi

3. Gunakan aplikasi Google Drive

Cara pertama dan kedua masih belum berhasil? Tenang, tenang, aku masih punya cara menambah memori internal tanpa root lainnya yang bisa kamu coba yaitu dengan menggunakan aplikasi Google Drive.
Google Drive adalah aplikasi Cloud Storage yang paling umum digunakan dan merupakan buatan resmi Google. Biasanya, aplikasi ini sudah tertanam langsung pada android. Aplikasi ini semakin populer setiap harinya karena berbagai fitur yang ditawarkan seperti Google Docs, Google Slides, Google Sheets. Untuk versi gratisnya, kamu bisa menyimpan data file sampai dengan kapasitas 15 GB. Lumayan kan menghemat memori internal kamu?

4. Gunakan aplikasi Cloud Storage lainnya.

Masih ragu untuk memilik Google Drive? Kamu bisa gunakan alternatif pilihan aplikasi Cloud Storage lainnya seperti Dropbox, Mega, Onedrive, Mediafire, Amazon Cloud Drive, Box, dan lain sejenisnya.
Pada dasarnya, cara kerja aplikasi Cloud Storage adalah sebagai pengganti penyimpan file di android kamu sehingga kapasitas memori internal kamu bisa bertambah dengan sendirinya.

5. Kamu bisa gunakan hardisk eksternal atau flashdisk

Cara terakhir yang paling ampuh dan bisa kamu gunakan untuk menambah memori internal andorid kamu tanpa root adalah dengan menggunakan hardisk eksternal atau flashdisk untuk menyimpan beragam file dan dokumen penting.
Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu memindahkan file-file di android kamu dengan bantuan kabel USB ke komputer atau laptop. Pindahkan file-file dan dokumen penting kamu dari memroi internal android ke PC. Otomatis, kapasitas memori internal kamu bisa bertambah lagi.
Itulah 5 cara menambah memori internal tanpa root yang bisa aku bagikan ke kamu. Kalau berhasil, kamu bisa menulis artikel dan berbagai ke jasa content placement Nonatekno. Semoga bermanfaat. Kalau masih ada pertanyaan, silakan tinggalkan di kolom komentar ya. Aku siap jawab komentar kamu, 24 jam. Salam. ^__^7

See also  Cara Top Up Shopeepay